8/23/15

MUDAH MENYERAH LEBIH BERBAHAYA DARIPADA PENYAKIT ITU

Siapapun sepakat bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Faktanya hal itu menjadi tabu  karena pengelolaan yang kacau. Banyak penyakit hati yang mewabah di Indonesia. Penyakit hati adalah sumber kehancuran bagi manusia, salah satunya adalah penyakit mudah menyerah. Penyakit ini membuat hidup kita tidak meningkat atau bahkan menjadi sebuah kemunduran. Kalo orang melihat Chairul Tanjung yang sekarang dari segi materi melimpah, tapi orang lupa bahwa beliau memulainya dengan susah payah. Walaupun ada kata menyerah, beliau selalu dapat bangkit. Ada banyak contoh tokoh lain yang mempunyai kisah dari merintis sampai sukses dengan perjalanan panjang dan bukan tiba-tiba sukses.

Sebagai orang yang mempunyai kepercayaan terhadap tuhan, saya percaya bahwa kehidupan dunia dan setelahnya harus berjalan dengan baik. Tuhan tidak menciptakan manusia hanya berhubungan denganNya, namun juga sesama ciptaannya. Mudah menyerah saya anggap sebagai salah satu penyakit paling mematikan. Membuat orang hanya pasrah tidak mau merubah keadaannya. Banyak orang yang ingin berkecukupan dalam hal materi, apapun itu profesinya. Tapi ada satu titik dimana orang tersebut hanya murung meratapi nasib, melangkah pun tidak sampai tuntas. Orang yang tidak gampang menyerah akan membuat sebuah tekanan menjadi kekuatan. Mahasiswa rantau yang kehabisan uang kiriman dari awal bulan akan mati kelaparan jika dia hanya diam dan menyesal. Tapi mahasiswa yang tidak mempunyai penyakit ini akan mencari segala jalan yang halal untuk dapat makan. Entah bekerja maupun berjualan untuk kebutuhan sehari-harinya. Menyerah itu datangnya dari hati, datangnya dari jiwa kita sendiri. Maka orang yang menyerah pada hakikatnya sudah mati dalam hidupnya, hanya hiduup secara jasad. Tapi mati lah hatinya, mati lah kehidupannya, dan matilah semua yang dia punya.

            Berfikir positif dan ikhlas menurut saya adalah obat untuk tidak mudah menyerah. Ada banyak alasan untuk mengatakan hidup ini tidak adil, membosankan, atau bahkan tidak mempunyai arti. Hidup hanya seperti roobot yang menjalani rutinitas dan akhrnya akan mati. Tapi cobalah lihat lebih luas lagi di sekelilingmu, adakah orang yang mempunyai nasib lebih buruk di banding kita secara jasmani atau materi. Jawabannya pasti ada, tapi cobalah lebih terbuka lagi. Apakah sudah tentu kita lebih bahagia daripada mereka yang secara kasap mata kurang daripada kita. Jawabannya belum tentu, mungkin mereka lebih bahagia hatinya dalam menjalani hidup. Bukan berati mereka menyerah dengan keadaan mereka yang lebih kurang dari kita, tapi karena mereka mempunyai tujuan hidup. Yaitu bahagia, maka dari itu mereka merasa cukup dengan apa yang mereka punya. Lalu bagaimana dengan kalian atau saya yang mempunyai tujuan tertentu. Misalnya mempunyai cita-cita mempunyai perusahaan, menjadi dokter, atau bermanfaat bagi orang lain. Sudah tentu jalan yang kita tempuh tidak semulus jalan tol. Mungkin di perjalanan akan ada pohon jatuh, jembatan putus, kerikil-kerikil, dan lainnya. Namun itu sebuah rintangan yang harus di hadapi, semakin tinggi tujuan mu maka semakin tinggi juga rintangan yang harus di lewati. Jika tidak siap dengan rintangan itu, maka kalah kita, matilah kita. Sekali lagi sebagai manusia kita harus punya tujuan.

            Semua yang kita jalankan di dunia ini tentu harus mempunyai dasar atau pedoman, pedoman tersebut adalah tuhan. Sifat tidak mudah menyerah harus di dasari karena tuhan. Muliakan tuhan dimanapun kita berada dan apapun yang kita lakukan. Tidak mudah menyerahpun akan jadi penyakit jika tidak ada tuhan di dalam jiwa kita. Tidak mudah menyerah untuk menjadi pengedar narkoba misalnya, tidak mudah menyerah orang tersebut memang sangat bagus. Tapi narkoba disitu menjadi sangat buruk karena dapat merugikan banyak orang. Saya yakinn jika hidup akan lebih bermakna jika setiap langkahnya, setiap hembusan nafasnya kita memuliakan tuhan di dalamnya.


0 comments:

Post a Comment

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM
Powered by Blogger.

Recent Post

Total Pageviews

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM