7/22/14

Kebun Tri Dharma Banguntapan Sebagai Kegiatan Agroteam


Kebun Tri Dharma adalah kebun percobaan yang dimiliki oleh Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Kebun yang terletak di Desa Bantengan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY ini merupakan fasilitas yang digunakan sebagai sarana penelitian mahasiswa. Saat ini, lahan seluas ± 2,7 ha ini masih digunakan sebagai tempat rujukan utama bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dan praktikum. Kebun Tri Dharma tidak hanya menjadi sarana praktikum bagi mahasiswa, namun juga sarana untuk meng-aplikasikan apa yang telah diperoleh di bangku kuliah. Salah satu kegiatan mahasiswa lapangan adalah Agroteam. 

Agroteam merupakan komunitas mahasiswa yang bergerak dibidang sains. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah budidaya tanaman serta kegiatan magang di petani. Agroteam merupakan komunitas di bawah naungan Imagro (Ikatan Mahasiswa Agronomi) sehingga wilayah kerjanya hanya dilakukan oleh anak-anak Jurusan Budidaya Pertanian. Ilmu pertanian yang merupakan ilmu terapan memang butuh aplikasi untuk ahli di bidang tersebut. Pertanian membutuhkan pembelajaran di lapangan (learning by doing) atau belajar dari pengalaman (learning by experience). Pertanian tak selalu identik dengan laboratorium, juga tak identik dengan bangku kuliah (kelas) namun pertanian lebih identik dengan sawah, panas-panasan, dan kotor-kotoran (Ari, 2012).

Kegiatan Agroteam pada tahun kepengurusan 2013/2014 yaitu menanam semangka dan melon. Kenapa Agroteam memilih untuk menanam semangka dan melon? Karena selain buah ini adalah salahsatu primadona-nya Hortikultura sehingga bermaksud untuk bisa menarik minat mahasiswa untuk bertanam dan waktu pemanenan yang pas yaitu sekitar ±90 hst (hari setelah tanam). 

Pada proses budidanyanya banyak kendala yang menghambat seperti sedikitnya minat para mahasiswa untuk datang dan berpartisipasi dikebun, waktu yang bertabrakan dengan kegiatan lain, dan dana yang dapat dibilang sangat mepet bahkan kurang. Selama kurang lebih 90 dalam merawat tanaman tersebut sebenarnya sangat banyak sekali ilmu atau pengalaman yang tidak dapat diperoleh dibangku kuliah contohnya seperti perlakuan-perlakuan yang diperlukan pada tiap-tiap tanaman, penampakan tanda dan gejala dari penyakit yang kemudian secara tidak langsung dituntut untuk menguasai, pemupukan, pengolahan lahan, pemasangan mulsa, yang pasti adalah merasakan beratnya menjadi seorang petani yang ikhlas dalam bekerja. 

Menjadi petani itu sangat berat, karena harus sabar dan ikhlas pada segala sesuatu yang terjadi pada tanamannya karena yang dihadapi disini adalah alam. Lahan yang dipinjamkan kepada Imagro ±400m2 memang kecil namun sangat berat karena melihat minat dari mahasiswa yang belum besar, namun Imagro tahun ini menghasilkan ±50 buah semangka hasil yang cukup lumayan untuk sekelas petani “Pemula” yang baru tahap belajar seperti kami (Mahasiswa Budidaya Pertanian). Lalu bagaimana dengan hasil melon? Semua tanaman melon rusak karena terserang penyakit Dawny mildew sehingga sama sekali tidak menghasilkan. Bagaimana rasa dari semangka hasil mahasiswa buper? Rasa semangkanya manis tapi hanya dibagian tengahnya saja hal ini disebabkan karena tujuh hari hujan berturut-turut sebelum panen sehingga banyak semangka yang kelebihan kandungan air bahkan terhitung ±10 buah semangka pecah.

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan sepenuh hati tidak akan terasa berat walaupun memang tidak mudah. Panen kali ini memang masih dianggap gagal meski menghasilkan karena buah yang dihasilkan masih jauh dari berkualitas dan sebagai petani masih mengalami kerugian dari tanaman yang dibudidayakan. Proses petani yang sukses, petani yang dapat membantu petani lainnya, petani yang dapat menciptakan suatu kondisi yang makmur, menjadi pemikir sektor pertanian bangsa maupun dunia, dan menjadi petani yang menjunjung nama INDONESIA, berawal dari sebuah kegagalan dan bagaimana menyikapi kegagal tersebut. J J J J
Written by: Mirza Bintang A.

Daftar Pustaka:

Ari Wibowo.2012. Kebun Tri Dharma Fakultas Pertanian UGM.< http://arietos.blogspot.com/2012/12/kebun-tri-dharma-fakultas-pertanian-ugm.html>.





0 comments:

Post a Comment

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM
Powered by Blogger.

Recent Post

Total Pageviews

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM