8/27/15

MENULISLAH SEBELUM DI LARANG

Pernah ga si waktu mau nulis sesuatu bingung apa yang mau kita tulis. Padahal di otak banyak ide yang bisa kita share lewat tulisan, misalnya memalui blog. Mungkin  sering mau memulai, tapi judul aja bingung. Hal itu menurutku wajar kok, bakal berkelanjutan bingung kalo kita ga pernah memulai nulis.

Menulis menurutku salah satu hal yang sangat penting. Karena kegiatan ini adalah turunan dari pikiran yang harus di sampaikan dengan bahasa yang mudah di pahami. Ketika punya ide, orang harus bisa menyampaikan dengan komunikasi yang baik. Tapi kemampuan menulis adalah salah satu cara penyampaian yang tidak boleh di abaikan.

Akan ada situasi dimana seseorang tidak bisa  menyampaikan sesuatu hal dengan bertatap muka, maka kemampuan menulis sangat berpengaruh. Seperti menulis proposal, surat, artikel dll yang harus di sampaikan dengan bahasa yang mudah di pahami dan tidak boros kata.

Mudah di pahami agar orang tau dan paham dengan point yang mau di sampaikan. Sehingga terdapat kesamaan pemahaman dengan si penulis. Akan berakibat fatal jika ada perbedaan pemahaman karena penyampaian yang buruk. Satu sama lain akan mengalami perbedaan persepsi dengan satu tulisan yang sama.

Kemampuan ini secara tidak langsung akan menggambarkan kualitas dari dalam diri seseorang. Di zaman yang semakin ketat dengan berbagai kemudahan akses yang di tawarkan, yang lemah akan semakin lemah. Diperlukan seorang pemimpin yang mempunyai kemampuan komunikasi secara lisan atau tulisan dengan baik. Banyak faktor yang mempengaruhi akan lahirnya pemimpin petarung yang memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Faktor yang mempengearuhi adalah kemampuan memahami dan menerapkan sebuah langkah dengan regulasi/peraturan yang ada. Ketika ke dua hal tersebut sesuai dengan kemakmuran rakyat, regulasi tidak perlu di tentang. Namun ketika tidak sesuai kemampuan lisan dan tulisan dalam menyampaikan ini sangat di perlukan.

Maka dari itu menurutku, merugi bagi mahasiswa sekarang yang tidak memperhatikan kemampuan menulis. Karena mahasiswa adalah calon penerus yang akan mengisi roda kepemerintahan, swasta, dan lainnya kelak. Setelah menulis dengan bahasa yang mudah dipahami, selanjutnya adalah menulis dengan kualitas isi tulisan yang berbobot.

Berbobot disini di dapat bukan hanya sekedar dengan latihan. Tapi di butuhkan juga pengetahuan dan kepekaan sosial dalam menganalisa keadaan lingkungan. Pengetahuan akan melahirkan sebuah ide yang di tuangkan secara utuh. Utuh disini diartikan sebagai bentuk pola berfikir yang memandang secara luas dengan mempertimbangankan sebanyak-banyaknya faktor.akan muncul sebuah pemikiran yang berkelanjutan dan muncul solusi yang membidik secara tepat pada titik kunci.

Contohnya adalah pemikiran dari Cak Nun yang melihat bahwa lumpur lapindo bukan sekedar tragedi alam atau kesalahan pengeboran semata, atau kemacetan yang menurutnya tidak terjadi secara alami namun di sesain sedemikian rupa agar terjadi kemacetan.

Kepekaan sosial adalah sesuatu yang saya anggap sebagai kontrol dari pengetahuan tersebut. Karena pada dasarnya inti dari kehidupan adalah iman kepada tuhan dan moral kepada sesama. Semua hal tersebut akan merugikan jika tidak di barengi dengan niat yang baik.



0 comments:

Post a Comment

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM
Powered by Blogger.

Recent Post

Total Pageviews

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM