6/6/15

THE SHAWSHANK REDEMPTION


          


         Cukup terdengar aneh judul film THE SHAWSHANK REDEMPTION (TSR) , mungkin karena kemampuan bahasa Inggris saya sangat jelek. Di awal cerita cukup membosankan melihat persidangan dari Andy, belum terlalu jelas bagaimana jalan cerita dari film ini. Sampai akhirnya Andy tiba di penjara dan menjadi taruhan sepuluh batang rokok pak tua (Red). Sangat misterius melihat aktor Andy dalam cerita, sifatnya yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Kesan misterius mulai pudar saat Andy berkenalan dengan Red, Andy meminta Red menyelundupkan martil berukuran 6 inchi. Saat Andy meminta martil tersebut, saya langsung berfikir Andy langsung merencanakan kabur dari penjara. Lama kelamaan cerita semakin mengalir dan sangat susah untuk di tebak bagaimana akhir cerita Andy.
          Paragraf satu dari tulisan ini menceritakan bagaimana alur cerita Andy yang saya tonton. Alur cerita dari film tersebut tidak akan saya ceritakan lengkap, tapi saya lebih tertarik pada nilai/pesan yang disampaikan TSR. Melihat sosok Andy dalam cerita saya teringat sebuah kalimat ‘apa yang terlihat tidak selalu sama dengan kebenaran yang terkandung di dalamnya’. Awalnya sosok Andy terlihat sangat dingin dengan hanya mengikuti rutinitas di penjara, semuanya berubah ketika dia bisa membujuk kapten penjaga penjara memberikan 2 bir kepada teman-temannya. Andy dapat melakukan ini dengan menggunakan kelebihannya sebagai bankir, temannya heran karena Andy hanya melihat dan duduk saat yang lain meminum bir.
          Ada banyak hal yang Andy lakukan selain membujuk kapten penjaga penjara. Andy bisa merenovasi perpustakaan penjara dengan dana pemerintah, memasang foto wanita di dalam kamarnya, meluluskan narapidana untuk lulus dari sekolah menengah dsb. Klimaks dari film ini adalah saat 30 menit terakhir. Banyak pelajaran atau kesan yang akan kamu ambil di 30 menit terakhir ini, semangatmu akan muncul untuk memandang hidup dengan lebih banyak harapan dan kerjakeras.
          Film TRS mengajarkan pada saya betapa berharganya harapan dengan sebuah kenyakinan dan kerjakeras. Keyakinan dan kerjakeras akan terjawab oleh waktu, entah itu 1, 10, 20, atau 30 tahun. Untuk melakukan apa yang kamu yakini terkadang perlu untuk tidak mendengarkan apa tanggapan orang kepadamu. Yakin dan kerjakeras akan membuka jalan untuk tujuanmu yang indah. Bahwa manusia adalah mahluk yang luar biasa dengan segala keterbatasan yang dimiliki dapat melakukan sesuatu yang sangat luar biasa, disitulah titik keindahan dari kehidupan. Semua itu percuma jika tidak ada kata yakin dan kerjakeras, teruslah melangkah untuk impianmu walaupun berat. Hidup ini indah saat kita bisa menemukan nilai atau makna tersirat. Film THE SHAWSHANK REDEMPTION sangat saya rekomendasikan untuk anda tonton dan silahkan temukan nilainya dengan persepsi anda.

         


0 comments:

Post a Comment

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM
Powered by Blogger.

Recent Post

Total Pageviews

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM