10/26/15

HOW CAN YOU SMILE



Saya sering mendengar orang berkata “ambil  hikmahnya”. Ternyata 2 kata sederhana ini penuh makna dan manfaat jika di hayati, sebuah rangkaian kata yang bisa menjadi obat atas segala hal yang kita alami.

Beberapa hari yang lalu, tanggal 23 oktober sesampainya saya pulang menunaikan ibadah jumatan. Pintu kontrakan dan gerbang depan sudah dalam keadaan terbuka, seketika saya langsung berfikir kalo seseorang telah masuk ke kontrakan tanpa izin. Ternyata benar, 4 laptop, 2 hp, dan 1 tablet telah hilang dibawa orang. Seketika itu saya kaget, bukan karena nilai uang dari laptop dan hp saya yang hilang, tapi karena fungsi dari komunikasi alat tersebut yang saya butuhkan.

Lambat laun hari berganti, saya coba terapkan 2 kata “ambil hikmahnya”. Disitu saya sadar akan hikmah yang memang ada pada kejadian tersebut :

1.      Kecanduan Hp dan Laptop

Saya menjadi sadar, ketika masih memiliki Hp  dan Laptop saya mengalami ketergantungan kepadanya. Orang menjadi saling apatis dengan Hpnya atau Laptopnya, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Seperti itulah kalimat yang bisa menggambarkan keadaan adanya Hp dan Laptop. Bukan saya melarang seseorang memeiliki, tapi kebanyakan orang termasuk saya seperti itu.

2.      Kurangnya Silaturahmi

Saya masih ingat betul ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), hampir setiap malam ada orang berkunjung ke rumah. Saat memasuki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), jarang sekali orang berkunjung ke rumah. Padahal sebagai seorang muslim, silaturahmi adalah hal yang penting. Silaturahmi dapat memperpanjang umur dan mempererat hubungan sesama manusia. Saya diingatkan bahwa saya melupakan silaturahmi terhadap sesama manusia, terlalu mengandalkan media sosial lewat Hp atau Laptop. Betapa indahnya masa kecil saya karena orang satu sama lain masih sering saling kunjung.

3.      Tidak Produktif

Bagaimana kita lihat para pembesar bangsa Indonesia semenjak muda sudah mempunyai pikiran yang revolusioner semenjak muda. Lafran Pane saat tingkat awal kuliah sudah mendirikan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Habibie saat menyelesaikan study di luar negeri, sudah bisa membuat pesawat. Anak muda Indonesia, termasuk saya sangat dimanjakan dengan teknogi. Membuat cara pikir kita pragmatis atau instan.

Apapun yang kita lakukan dan kerjakan pasti akan ada hasil yang sesuai dengan usaha yang di keluarkan. Cobalah untuk mengambil hikmah jika hasil yang kita dapat sesuai ataupun tidak sesuai. Ada seseorang yang berkata, dalam hal mengajak kebaikan kerasalah pada diri sendiri dan lemah lembutlah pada orang lain, jangan malah sebaliknya. 

0 comments:

Post a Comment

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM
Powered by Blogger.

Recent Post

Total Pageviews

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM