7/14/14

Kegiatan Mahasiswa Budidaya Pertanian di Semester Awal

Ini untuk gadjah mada muda (gamada) budidaya pertanian sebagai keluarga baru budidaya pertanian, akan ada serangkaian kegiatan yang diikuti maupun dijalankan setelah masuk ke dalam jurusan budidaya pertanian (buper). Kesempatan untuk belajar mengembangkan diri sangat terbuka disini, tinggal bagaimana teman-teman memanfaatkannya. Tujuan saya membuat postingan ini adalah agar gamada buper mengenal buper lebih baik, saya mulai dari acaara pertama kalian yaitu :

1. Open House

Open House adalah rangkaian kegiatan setelah kalian menjalankan ppsmb universitas dan ppsmb fakultas, penyelenggara dari open house adalah kakak tingkat setahun di atas angkatan kalian. Disini akan di lakukan pengenalan jurusan buper secara menyeluruh oleh panitia, manfaatkan open house sebaik baiknya untuk mengenal teman baru kalian.

2. Makrab


Acara ini di laksanakan untuk mengakrabkan antara angkatan kalian dan angkatan lain, makrab tahun 2013 yang di selenggarakan oleh angkatan 2012 dengan peserta angkatan 2013 bertempat di camp candi prambanan. Puncak dari acara ini adalah saat pentas seni.

3. Gathering


Waktunya gamada buper membuat sebuah acara, di mulai dari gathering. Disini teman-teman akan mengumpulkan warga buper yang masih aktif, berkumpul untuk saling mengenal antar angkatan dan angkatan itu sendiri lebih dekat. Tunjukkan kekompakan angkatan kalian disini :)

4. Bakti Sosial


Sebagai bentuk kepedulian buper terhadap masyarakat, maka diadakan bakti sosial (baksos) yang di laksanakan oleh gamada buper. Kegiatan baksos sendiri dari tahun ke tahun berbeda, tergantung bagaimana angkatan kalian membuat konsep acara. Di tahun saya baksos di laksanakan di desa sengir, kegiatan di isi dengan pembagian bibit gratis, seminar kecil dengan mengundang ibu rumah tangga, dan hiburan kepada anak-anak di sanggar desa tersebut. Setelah angkatan kalian kompak, saatnya kalian berhadapan dengan pihak luar buper. semangat kawan :)

5. Agrogeam


Manusia juga harus menjaga kesehatan bukan, agrogeam ini kegiatan yang di buat dalam bentuk lomba beberapa cabang olahraga antar angkatan buper. Tetap tujuan utama dalam agrogeam untuk memperkuat hubungan warga buper, jadi ga boleh rusuh ya hehe. Buat gamada buper bakalan makin seru, punya kesempatan mengenal teman-teman baru kalian :)

6. Syawalan


Setiap orang punya agama dong, ini salah satu bentuk bahwa warga buper masih taat untuk menjalankan ibadah mereka.

7. Ibas


Kalo tadi udah ada lomba olahraga antar angkatan, kalo ibas ini lomba antar angkatan di bidang seni kawan. Acara ini baru satu kali di selenggarakan, tapi tetap seru sampai kakak tingkat yang udah pada kkn juga ikut hehe. Waktu itu ada tiga kategori yang di lombakan, kategori inovasi, kategori dance, dan kategori musik.

8. Fieldtrip


Waktunya belajar, waktunya menikmati pertanian kawan. Disini gamada buper selama 3 hari 2 malam akan belajar pertanian secara langsung kepada petani, bagaimana acaranya tergantung angkatan yang melaksanakan. Fieldtrip dilaksanakan oleh angkatan gamada buper dengan peserta gamada buper, biasanya masih ada kakak tingkat yang ingin ikut belajar sekaligus nanti ikut menjaga adek-adeknya di buper :)

9. Open House (Oleh Gamada Muda Semester 3)

Saatnya kalian melaksanakan open house, semoga sukses. Acara open house tergantung kalian bagaimana mebuat konsep acara.

10. Makrab (Oleh Gamada Muda Semester 3)

Gantian kalian juga yang ngejalanin makrab, semangat ya semoga sukses :)

11. Kuil (Kunjungan Ilmiah)


Kalo tadi udah ada fieldtrip yang langsung belajar ke petani nya, sekarang saatnya kunjungan ilmiah. 2 tahun ini kuil di laksanakan di jawa timur dan jawa barat, masalah tempat kalian bisa menentukan sendiri. Kalo fieldtrip oleh angkatan kalian untuk kalian, kalo kuil oleh angkatan kalian untuk kalian dan adek angkatan kalian. Udah punya adek angkatan lo haha udah mulai tua, semangat ya semoga sukses :)






0 comments:

Post a Comment

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM
Powered by Blogger.

Recent Post

Total Pageviews

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM