7/15/14

GONI (GO GREEN MINI) PRODUK MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UGM



GoNi (Go Green Mini) adalah sebuah produk mahasiswa Budidaya Pertanian dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UGM. Ide ini dibuat oleh Nahdha Fikri M M (12/335035/PN/13004) mahasiswa Budidaya Pertanian UGM angkatan 2012 sebagai ketua pelaksana kegiatan, dengan anggota pelaksana Nungki Hariyati (11/318155/PN/12463) mahasiswa Ilmu Tanah UGM angkatan 2011, Anindita Farhani (12/334965/PN/12961) mahasiswa Ilmu Tanah UGM angkatan 2012, Ratnasani Ambarwati S (12/334956/PN/12956) mahasiswa Budidaya Pertanian UGM angkatan 2012,  Ananta Bayu Pratama (13/350130/PN/13352) mahasiswa Budidaya Pertanian UGM angkatan 2013.


Lima orang teman saya ini membuat produk GoNi (Go Green Mini) untuk diajukan sebagai Pogram Kreativitas Mahasiswa bidang kegiatan Kewirausahaan, teman-teman saya memberi judul PKM-K mereka GONI (GO GREEN MINI): UPAYA PEMBUATAN TANAMAN OBAT SEBAGAI BENTUK PENGENALAN TANAMAN YANG LEBIH MENARIK DAN EDUKATIF BAGI SEMUA KALANGAN MASYARAKA .

Setelah mengajukan proposal teman-teman saya lolos seleksi untuk di danai dan tadi pagi (15 Juli 2014) telah melaksanakan monev, semoga beruntung dan berhasil ke tingkat lebih jauh. Tujuan saya membuat post ini untuk berbagi cerita ke semua teman-teman , khususnya mahasiswa Fakultas Pertanian UGM bahwa kita semua mampu membuat sebuah karya asal kita mau berusaha. Saya telah meminta izin langsung kepada saudara Nahda sebagai ketua pelaksana untuk menyebarluaskan karya saudara Nahda dan teman-teman nya yang telah membuat GoNi (Go Green Mini), terimakasih atas kepercayaannya.

Berikut ini adalah ringkasan penjelasan mengenai  GoNi (Go Green Mini) : GoNi (Go Green Mini) merupakan salah satu alternatif souvenir yang mengedukasi dan bermanfaat karena selama ini souvenir kebanyakan terbuat dari benda-benda yang tidak hidup, sedangkan GoNi merupakan souvenir dalam bentuk tanaman yang hidup. GoNi menggunakan tanaman obat sebagai bahan souvenir utama yang didalamnya dilengkapi dengan berbagai informasi mengenai tanaman obat tersebut untuk menambah nilai edukasi, sehingga masyarakat mengetahui identifikasi dan cara pemanfaatan tanaman tersebut, sehingga GoNi bukan hanya souvenir yang mengedepankan estetika semata. GoNi yang berbahan alami dan tidak banyak menimbulkan efek samping yang merugikan juga menambah nilai positif di masyarakat. Berdasarkan minat masyarakat yang mulai tertarik pada tanaman obat dan fakta bahwa tanaman obat terkadang sulit untuk didefinisi dan belum banyak yang mengembangkan, maka tim kewirausahaan ini mencoba mengajukan PKM-K tentang pembuatan tanaman obat yang dikemas secara cantik sehingga lebih menarik minat masyarakat pada tanaman obat yang selain bisa memberikan khasiat namun juga bisa memberikan nilai estetika dalam bentuk souvenir mini.

Berikut ini dokumentasi yang telah dibuat oleh teman-teman saya mengenai GoNi (Go Green Mini), disitu juga ada beberapa dokumentasi jika anda tertarik dengan produk ini. Mari kita lihat :)

GoNi (Go Green Mini)
Pameran GoNi (Go Green Mini)
 
Brosur GoNi (Go Green Mini)
Masih banyak anak Pertanian UGM yang berprestasi, tapi belum sempat saya publikasikan karena harus meminta izin kepada orang yang bersangkutan. Lain waktu akan saya ceritakan kembali prestasi anak Pertanian UGM, bagi kamu yang mempunyai prestasi di bidang Pertanian dan mau berbagi disini silahkan hubungi email zakiabdurrahman12@gmail.com dengan menyertakan proposal prestasimu. Akhir kata semoga anda termasuk salah satu yang berprestasi dan akan meraih prestasi. PERTANIAN BISA!

0 comments:

Post a Comment

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM
Powered by Blogger.

Recent Post

Total Pageviews

KOMISARIAT PERSIAPAN HMI AGROKOMPLEKS UGM